| 1. Fungsi gereja dalam masyarakat adalah …… | |||||||||||||||
| a. menjadi terang | |||||||||||||||
| b. menjadi pengawet | |||||||||||||||
| c. menjadi garam | |||||||||||||||
| d. menjadi jalan keluar | |||||||||||||||
| e. menjdi tempat ibadah | |||||||||||||||
| 2. Peran gereja dalam pendidikan sangat penting. Istilah yang biasa dipakai adalah ….. | |||||||||||||||
| a. church planting | |||||||||||||||
| b. chruch education | |||||||||||||||
| c. chruch regeneration | |||||||||||||||
| 3. Dalam hubunganya dengan hukum, gereja harus …. | |||||||||||||||
| a. taat pada hukum | |||||||||||||||
| b. taat pada pembuat hukum | |||||||||||||||
| c. taat pada hukum dalam rangka taat kepada Tuhan | |||||||||||||||
| d. taat pada kepada Tuhan | |||||||||||||||
| e. taat pada pimpinan pemerintahan | |||||||||||||||
| 4. Untuk melaksanakan tugasnya secara efektif, gereja membutuhkan peran ….. | |||||||||||||||
| a. pemimpin negara | |||||||||||||||
| b. Roh Kudus | |||||||||||||||
| c. pemimpin gereja | |||||||||||||||
| 5. Misi Protestan awal ke Indonesia sebenarnya bukanlah misi utama, karena sebenarnya | |||||||||||||||
| misi utamanya adalah ….. | |||||||||||||||
| a. perdagangan | |||||||||||||||
| b. politik | |||||||||||||||
| c. sosial | |||||||||||||||
| 6. Efesus 4;4 menyatakan bahwa gereja sebenarnya adalah ….. | |||||||||||||||
| a. kerumunan orang banyak | |||||||||||||||
| b. murid Tuhan | |||||||||||||||
| c. satu / esa | |||||||||||||||
| d. gedung yang megah | |||||||||||||||
| e. gembala gembala Tuhan | |||||||||||||||
| 7. Istilah yang dipakai untuk menggambarkan keesaan gereja adalah ….. | |||||||||||||||
| a. Koinonia | |||||||||||||||
| b. Marturia | |||||||||||||||
| c. Ekklesia | |||||||||||||||
| 8. Wujud paling jelas dalam gerakan keesaan gereja di Indonesia adalah terbentuknya….. | |||||||||||||||
| a. persekutuan bersama dikota-kota | |||||||||||||||
| b. PGI | |||||||||||||||
| c. kepedulian bersama | |||||||||||||||
| d. hubungan yang erat antar pemimpin | |||||||||||||||
| e. kasih sesama | |||||||||||||||
| 9. Kristus adalah Kepala Gereja , artinya ….. | |||||||||||||||
| a. pemimpin atau awal permulaan | |||||||||||||||
| b. pimpinan tertinggi | |||||||||||||||
| c. yang mengarahkan dan mengatur | |||||||||||||||
| d. pemilik gereja | |||||||||||||||
| e. penguasa alam semesta | |||||||||||||||
| 10. Untuk mdenjelaskan eksistensi Allah, Thomas dari Aquino mengajukan beberapa bukti | |||||||||||||||
| antara lain ….. | |||||||||||||||
| a. Kenyataan akan perubahan yang diubah oleh sesuatu yang lain | |||||||||||||||
| b. Kenyataan bahwa sebab dan akibat ada didunia, dan Allah adalah penyebab pertama | |||||||||||||||
| c. Ide ada dan tiada dalam dunia | |||||||||||||||
| d. Tingkat kebaikan dan kesempurnaan didunia disebabkan oleh Allah | |||||||||||||||
| e. Kenyataan bahwa manusia diciptakan oleh Allah yang dilengkapi dengan akal | |||||||||||||||
| 11. Padav waktu zaman rasul-rasul, jabatan gerejawi antara lain….. | |||||||||||||||
| a. Episkopos | |||||||||||||||
| b. Presbiter | |||||||||||||||
| c. Pendeta | |||||||||||||||
| 12. Peran gereja sebagai sebuah lembaga dsosial dapat dilaksanakan bila kita mengembangkan | |||||||||||||||
| ….. | |||||||||||||||
| a. Teologi sistimatik | |||||||||||||||
| b Teologi biblika | |||||||||||||||
| c. Teologi kontemporer | |||||||||||||||
| d. Teologi sosial | |||||||||||||||
| e. Teologi patristik | |||||||||||||||
| 13. Dalam bidang kebudayaan , sikap gereja yang penting adalah ….. | |||||||||||||||
| a. Transformasi | |||||||||||||||
| b. Transmisi | |||||||||||||||
| c. Eliminasi | |||||||||||||||
| 14. Dalam sejarah perkembangannya , beberapa sikap dibawah ini telah diambil oleh gereja | |||||||||||||||
| terhadap tantangan dan hambatan, antara lain ….. | |||||||||||||||
| a. Antagonis | |||||||||||||||
| b. Dominasi | |||||||||||||||
| c. Akomodasi | |||||||||||||||
| 15. Tujuan Self-Criticism bagi geraja adalah ….. | |||||||||||||||
| a. Supaya gereja ada yang mengkritik | |||||||||||||||
| b. Supaya gereja tidak terlena | |||||||||||||||
| c. supaya gereja menjadi terkenal | |||||||||||||||
| d. Supaya gereja menjadi sukses | |||||||||||||||
| e. Supaya gereja tidak jadi terlalu besar | |||||||||||||||
| 16. Munculnya berbagai aliran dalam gereja menimbulkan akibat negataif antara lain ….. | |||||||||||||||
| a. Saling curiga | |||||||||||||||
| b. Kerjasama tidak jelas | |||||||||||||||
| c. Mengganggap dirinya paling baik | |||||||||||||||
| d. Keesaan menjadi sulit | |||||||||||||||
| e. Berebut jemaat | |||||||||||||||
| 17. Berikut adalah tantangan gereja secara eksternal saat ini, kecuali ….. | |||||||||||||||
| a. Gereja berada ditengah situasai pemujaan ekonomi global | |||||||||||||||
| b. Konsumerisme | |||||||||||||||
| c. Materialisme | |||||||||||||||
| 18. Sikap tertutup untuk dirinya sendiri adalah definisi dari ….. | |||||||||||||||
| a. Oikumene | |||||||||||||||
| b. Eksklusifisme | |||||||||||||||
| c. Montanisme | |||||||||||||||
| 19. Kata gereja diambil dari bahasa Portugis " Igreya" yang berarti….. | |||||||||||||||
| a. Orang-orang kudus | |||||||||||||||
| b. Orang-orang pilihan | |||||||||||||||
| c. Orang-orang yang mengaku Yesus Tuhan | |||||||||||||||
| d. Kawanan domba yang dikumpulkan oleh gembala | |||||||||||||||
| e. Orang-orang yang percaya | |||||||||||||||
| 20. Beberapa aliran sesat / palsu yang dihadapi gereja , kecuali ….. | |||||||||||||||
| a. Marcion | |||||||||||||||
| b. Montanisme | |||||||||||||||
| c. Yudaisme | |||||||||||||||
| 21. Istilah Perjanjian Baru untuk kata gereja adalah EKKLESIA yang artinya ….. | |||||||||||||||
| a. Persekutuan oarang percaya | |||||||||||||||
| b. Kumpulan para imam | |||||||||||||||
| c. Kumpulan orang-orang yang dipanggil keluar dari dunia | |||||||||||||||
| d. Kumpulan yang terkendali | |||||||||||||||
| e. Kumpulan oarng yang membutuhkan Tuhan | |||||||||||||||
| 22. Dalam sistim multipartai di Indonesia sekarang ini, posisi gereja harus menjadi…… | |||||||||||||||
| a. Perpanjangan partai politik | |||||||||||||||
| b. Perpanjangan tangan pemimpin politik | |||||||||||||||
| c. Perpanjangan tangan pemimpin gereja | |||||||||||||||
| d. Perpanjangan tangan Allah didunia | |||||||||||||||
| e. Perpanjangan tangan jemaat | |||||||||||||||
| 23. Berikut ini adalah perkembangan gereja pada zaman rasul-rasul, kecuali ….. | |||||||||||||||
| a. Secara kuantitas | |||||||||||||||
| b. Secara organisasi | |||||||||||||||
| c. Secara politik | |||||||||||||||
| 24. Menurut sejarah, gedung gereja pertama didirikan sekitar tahun 200 M di ….. | |||||||||||||||
| a. Yerusalem | |||||||||||||||
| b. Edesse | |||||||||||||||
| c. Efesus | |||||||||||||||
| 25. Diakonia adalah bentuk pelayanan gereja yang dilakukan ….. | |||||||||||||||
| a. Untuk menyatakan iman | |||||||||||||||
| b. Kepada sesama didalam maupun diluar gerja | |||||||||||||||
| c. Bersaksi | |||||||||||||||
| d. Bersekutu | |||||||||||||||
| e. Melayani | |||||||||||||||
| 26 | Iman bukanlah hasil usaha manusia melainkan. . . | ||||||||||||||
| a. | ada dengan sendirinya | d. | anugrah Allah | ||||||||||||
| b. | kerja sama dengan Allah dan manusia | e. | muncul karean ketajkutan | ||||||||||||
| c. | manusia yang mengusahakan | ||||||||||||||
| 27 | Dalam Yohanes 20:24 Tuhan Yesus menyatakan yang berbahagia adalah . . . | ||||||||||||||
| a. | yang percaya karena melihat | ||||||||||||||
| b. | yang tidak percaya sekalipun melihat | ||||||||||||||
| c. | yang percaya sekalipun tidak melihat | ||||||||||||||
| d. | yang tidak percaya karena tidak melihat | ||||||||||||||
| e. | yang percaya setelah melihat | ||||||||||||||
| 28 | Para ahli agama membedakan agama dalam 2 kategori, yaitu agama alamiah dan . . . | ||||||||||||||
| a. | agama rohaniah | d. | agama non alamiah | ||||||||||||
| b. | agama supraalamiah | e. | agama wahyu | ||||||||||||
| c. | agama kepercayaan | ||||||||||||||
| 29 | Agama meyakini bahwa ia sanggup menghadirkan yang sakral melalui . . . | ||||||||||||||
| a. | upacara keagamaan | d. | keterpaksaan Tuhan | ||||||||||||
| b. | keinginan manusia | e. | kebutuhan manusia | ||||||||||||
| c. | kehendak manusia | ||||||||||||||
| 30 | Keunikan agama Kristen dibandingkan dengan yang lain adalah . . . | ||||||||||||||
| a. | ada ajaran baku | d. | ada hukum hukum | ||||||||||||
| b. | ada yang disebut Tuhan | e. | Allah yang baik | ||||||||||||
| c. | Allah yang mencari manusia bukan manusia mencari Allah | ||||||||||||||
| 31 | Jika suatu saat kita mendapat amarah karena perilaku kita yang salah, hal yang kita lakukan adalah.... | ||||||||||||||
| a. | Membalas kemarahan tersebut dengan sesuatu yang arogan | ||||||||||||||
| b. | Menerimanya dengan berdiam diri, dan evaluasi diri , selanjutnya tidak membenci orang yang memarahi kita | ||||||||||||||
| c. | Menangis dan bersedih karena orang yang memarahi kita juga hidup dalam dosa | ||||||||||||||
| d. | Mendoakan orang yang memarahi kita mendapat hukuman dari Tuhan | ||||||||||||||
| e. | Menerima dengan sakit hati, dan berusaha membalas dendam di lain kesempatan | ||||||||||||||
| 32 | Arti dari kebenaran Allah itu nyata dalam injil adalah... | ||||||||||||||
| a. | Kebenaran yang dimiliki oleh Allah dan yang di anugrahkan kepada manusia | ||||||||||||||
| b. | Kebenaran Allah harus dikaitkan dengan iman | ||||||||||||||
| c. | Injil merupakan sarana kebenaran Allah dalam menyelamatkan manusia. | ||||||||||||||
| d. | Injil adalah sarana orang untuk hidup benar menurut pemandangan Allah | ||||||||||||||
| e. | Injil adalah kekuatan Allah yang membenarkan manusia | ||||||||||||||
| 33 | Misi utama gereja yang di berikan Tuhan Yesus adalah.... | ||||||||||||||
| a. | Layanilah seorang akan yang lain dengan kasih | ||||||||||||||
| b. | Kabarkanlah injil dan gembalakanlah domba – dombanya | ||||||||||||||
| c. | Jangan meninggalkan persekutuan – perekutuan | ||||||||||||||
| d. | Hiduplah oleh kasih seperti Kristus telah mengasihi hidupmu | ||||||||||||||
| e. | Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri | ||||||||||||||
| 34 | Gereja yang am memiliki arti ….. | ||||||||||||||
| a. | Gereja etnis | d. | Gereja kalangan bawah | ||||||||||||
| b. | Gereja kesukuan | e. | Gereja universal | ||||||||||||
| c. | Gereja tanpa merek | ||||||||||||||
| 35 | Yang menjadi tantangan baru dari gereja-gereja jaman modern adalah…. | ||||||||||||||
| a. | Kebangkitan agama-agama yang menandai milinium baru | ||||||||||||||
| b. | Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi | ||||||||||||||
| c. | Bertambahnya penganut dari kekristenan | ||||||||||||||
| d. | Manusia modern mengutamakan hidup duniawi | ||||||||||||||
| e. | Banyaknya ajaran-ajaran sesat | ||||||||||||||
| 36 | Dalam sistim multipartai di Indonesia sekarang ini, posisi gereja harus menjadi . . . | ||||||||||||||
| a. | perpanjangan tangan politik | d. | perpanjangan tangan Allah di dunia | ||||||||||||
| b. | perpanjangan tangan pemimpin politik | e. | perpanjangan tangan majelis | ||||||||||||
| c. | perpanjangan tangan pemimipin gereja | ||||||||||||||
| 37 | Istilah gereja berasal dari bahasa Portugis, Igreya yang berarti…. | ||||||||||||||
| a. | Kawanan domba yang di kumpulkan oleh gembala | ||||||||||||||
| b. | Persekutuan orang orang kudus | ||||||||||||||
| c. | Kawan sekerja Allah yang melayani | ||||||||||||||
| d. | Anggota – angota tubuh Kristus | ||||||||||||||
| e. | Kumpulan orang-orang yang membawa terang | ||||||||||||||
| 38 | Dalam sistem multipartai dfi Indonesia sekarang ini , posisi gereja harus menjadi ….. | ||||||||||||||
| a. | perpanjangan tangan partai politik | ||||||||||||||
| b. | perpanjangan tangan pemimpin politik | ||||||||||||||
| c. | perpanjangan tangan pemimpin gereja | ||||||||||||||
| d. | perpanjangan tangan Allah di dunia | ||||||||||||||
| e. | perpanjangan tangan jemaat | ||||||||||||||
| 39 | Gereja memilki perimbangan dalam politik, artinya ….. | ||||||||||||||
| a. | menjadi saingan partai politik | ||||||||||||||
| b. | menjadi partai politik | ||||||||||||||
| c. | gereja turut memberikan pemahaman yang benar dalam berpolitik | ||||||||||||||
| d. | gereja terjun didunia politik | ||||||||||||||
| e. | gereja tidak peduli dengan masalah politik | ||||||||||||||
| 40 | Peran tidak langsung dari agama sebagai lembaga yang destruktif biasanya terjadi karena | ||||||||||||||
| pemakaian agama sebagai pendukung terjadinya konflik yang sebenarnya merupakan persoalan …. | |||||||||||||||
| a. | ekonomi | d. | kekuasaan | ||||||||||||
| b. | kedudukan | e. | sosial | ||||||||||||
| c. | politik | ||||||||||||||
Sunday, November 19, 2017
KISI KISI AGAMA KELAS XII
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment